IndieMusicComm.com – inilah Cara Mencari Inspirasi Musik untuk Membuat lagu mu sendiri. Kutipan di bawah ini berarti kerja keras adalah langkah yang penting untuk mendapatkan hasil yang Anda inginkan.

 “Genius is one per cent inspiration, ninety-nine per cent perspiration”.
by : Thomas Alva Edison

Inspirasi itu sendiri datangnya bukan karena Anda menunggu, tapi karena Anda bertindak.

Nah, masalahnya adalah: Anda sering merasa tidak termotivasi untuk mulai bertindak, karena tidak ada inspirasi untuk membuat lagu! Jadi yang manakah yang tiba lebih dulu: inspirasi atau tindakan?

Menurut kisah yang disampaikan Elizabeth Gilbert, tindakan lebih penting dibanding menunggu. Dalam video ini, simak beliau menceritakan betapa pentingnya kerja keras untuk menjadi jenius:

Dalam tutorial ini saya akan memberikan beberapa tips untuk membantu Anda mulai bertindak, dan cara mencari inspirasi lagu yang Anda butuhkan untuk terus bergerak.

Close-up image of woman writing in notebook with copy space while sitting at the rough wooden table

1. Membuat lagu dengan “mencontek” lagu lain

Tanpa ragu, cara yang paling ampuh untuk mendapat inspirasi membuat musik adalah dengan dengar lagu artis lain sebanyak-banyaknya. Lebih bagus lagi bila lagu tersebut bukan genre yang biasa Anda dengar.

Saya sendiri selalu memprogramkan agar mendengar lagu baru setiap hari. Saya tidak harus suka, bahkan saya tidak harus mendengar secara penuh konsentrasi – yang penting saya mendengarnya.

Anda juga bisa mendengar lagu-lagu baru dari radio, televisi, atau dari internet. Dengan semakin Anda mendengar lagu lain, Anda akan mulai mendapat “serpihan serpihan” inspirasi untuk mulai membuat lagu Anda sendiri.

2. Menerima inspirasi dari mimpi

Ya, memang terdengar aneh – tapi saya rasa Anda pasti pernah mengalaminya.

Otak manusia adalah kreasi yang ajaib yang bisa menghasilkan ide-ide terhebat ketika kita sedang tidak memikirkannya. Contoh yang sering terjadi untuk saya sendiri adalah mendapat inspirasi membuat dan mencari nada sebuah lagu dari alam mimpi.

Walaupun jarang, tapi pada beberapa kesempatan saya terbangun dengan masih ingat untaian melodi yang muncul dalam mimpi. Supaya melodi itu terus teringat, saya selalu menyimpan alat untuk merekam (seperti telpon seluler) di samping tempat tidur.

3. Kolaborasi dengan pembuat lagu lain

Mungkin ada keengganan dari Anda untuk bekerja sama dengan pembuat lagu lain karena takut lagu Anda tidak keluar secara alamiah atau dibuat-buat. Namun, berdasarkan pengalaman para song Writer, kolaborasi dengan sesama penulis lagu adalah cara yang ampuh untuk mendapat inspirasi!

Tentunya, Anda harus bergaul dalam komunitas pembuat lagu. Anda bisa juga melakukan “tatap muka” dengan pembuat lagu di lingkungan atau kota Anda.

Anda bisa kolaborasi dengan pembuat lagu yang berbeda aliran (untuk hasil yang lebih beda) atau dengan yang alirannya mirip dengan Anda (untuk hasil yang lebih kuat).

 4. Lepaskan sumber inspirasi Anda.Sering kali kita mulai menulis lagu dengan berusaha memasukkan seluruh hal yang ingin kita sampaikan ke dalam empat atau empat bar dengan beberapa ritme dan jika beruntung, dengan sebuah hook(bagian dalam lagu yang begitu mengena di telinga orang banyak). Jika kita beruntung, pesan kita bisa tersampaikan melalui lagu yang kita tulis.

  • Cara di atas memang benar, tetapi belum cukup mendorong Anda untuk menulis lagu: kita sudah terhambat bahkan sebelum sempat memulai. Alih-alih melakukan hal-hal di atas, cobalah menulis segala isi benak Anda tanpa memikirkan struktur lagu.

5. Lakukan setiap hari:saat bangun pagi, saat Anda sedang duduk dengan secangkir kopi, teh atau segelas soda, segera keluarkan pena dan kertas Anda.

  • Pilih suatu objek di sekitar Anda. Apa pun itu. Bisa teko kopi, atau nyamuk yang baru saja mendarat di lengan Anda. Cobalah menulis selama sepuluh sampai lima belas menit tentang benda tersebut, dan usahakan untuk menulis dengan detail sejelas mungkin. Silakan menulis seakurat atau seindah mungkin, yang jelas cobalah untuk menulis sekreatif mungkin. Jangan habiskan terlalu banyak waktu untuk melakukannya karena itu bukan lagu yang Anda tulis. Ini hanyalah latihan untuk mengasah kreativitas otak. Jadi, saat waktunya tiba, otak Anda sudah siap untuk membantu Anda menulis lagu.

6. Pilih subjek utama lagu.Saat Anda siap menulis lagu, gunakan keahlian yang sudah Anda asah lewat latihan setiap hari. Kali ini, alih-alih menulis tentang sebuah barang di sekitar Anda, pilih tema lagu yang ingin Anda tulis. Lagu ini bisa mengenai seorang gadis ataupun mobil. Bisa juga mengenai konsep abstrak seperti cinta, atau situasi seperti sedang berada di dalam kereta api. Sekarang, alih-alih mencoba memasukkan semua hal ke dalam empat baris yang memiliki rima sama, tulislah cerita mengenainya dan gunakan seluruh indera Anda untuk menjabarkan kisah tersebut.

  • Lagu ini tidak harus ditulis dengan baik dalam tata bahasa sempurna. Anggap saja lagu ini sebagai arus “puisi pikiran” kesadaran dan tulis segala hal yang muncul di benak Anda.
  • Saat selesai, coba perhatikan tulisan Anda. Bagian apa yang benar-benar menyentuh hati Anda? Bagian apa yang menerangkan lagu dan bagian apa yang harus diulangi beberapa kali?

7. Mulai kembangkan lagu Anda.Ada lagu yang menceritakan kisah, ada pula yang hanya merupakan kepingan kecil dari sebuah tema besar. Jika Anda sudah terbiasa berlatih menulis, kemungkinan Anda tahu akan dibawa ke mana lagu Anda.

  • Jika lagu Anda menuturkan sebuah kisah, keluarkan seluruh kisah ini saat berlatih. Jika lagu Anda merupakan kumpulan kepingan gabungan dari potongan penjabaran kecil, tulislah beberapa kisah pendek yang terkait ke tema utama lagu, dan buat kisah lain yang berdasarkan tema tersebut.
  • Contohnya, lagu Bob Dylan Shelter From The Storm. Walaupun ada beberapa elemen dari sebuah kisah, lagu ini lebih cenderung mengemukan berbagai keping cerita yang melukiskan waktu dan tempat serta kehidupan yang sulit, tetapi ujungnya selalu kembali kepada pelindungnya. “Come in,” she said, “I’ll give you shelter from the storm.”(“Masuklah,” katanya, “Aku akan melindungimu dari badai.”)
  • Lagu Dylan lainnya, Lily, Rosemary, And The Jack Of Hearts, merupakan narasi yang berurutan dan seperti Shelter From The Storm, selalu kembali ke fokus semula: Jack of Hearts.

8. Kumpulkan poin-poin utama dalam lagu Anda.Poin-poin tersebut akan membentuk fondasi bagi lirik, alasan kehadiran versechorusatau keduanya. Jangan gunakan secara berlebihan karena bisa-bisa lagu ciptaan Anda berdurasi 20 menit! Sebaiknya kita mengikuti format standar saja.

  • Setelah mengetahui ide untuk masing-masing verse, buatlah sebuah verseberdasarkan poin yang ada. Biasanya, intinya disampaikan di baris terakhir dan tiga baris pertama menyampaikan poin pendukung, alasan, atau rima untuk baris terakhir.
  • Terus isi “kekosongan”, sampai masing-masing verse Akan Anda lihat beberapa rima yang bisa digunakan ulang pada verseyang lain, dan beberapa verse yang berdiri sendiri. Ingatlah. ini lagu Anda dan tujuan Anda adalah menciptakan lagu yang unik. Jangan khawatir jika lagu ini tidak mengikuti formula yang pasti, bahkan Anda tidak usah membuat rima yang sama jika memang tidak cocok!

9. Buat chorus.Biasanya, lagu selalu memiliki gagasan utama. Cara yang baik untuk membuat lagu Anda menyampaikan “gagasan utama” ini adalah menaruhnya di bagian chorus. Masing-masing versemembangun jalan menuju chorus sehingga pendengar pun bisa memahami maksud sebuah lagu.

  • Contohnya, coba dengar Better Togetherdari Jack Johnson. Bagian chorus lagu ini simpel: ia hanyalah pernyataan yang simpel bahwa “It’s always better when we’re together” (“Keadaan lebih baik saat kita bersama”). Masing-masing verse melukiskan bahwa apa pun yang terjadi, pada akhirnya mereka akan kembali bersama karena hidup menjadi lebih baik karenanya. Anda bisa menulis mengenai sesuatu yang pernah Anda lalui, kisah teman Anda, atau kehidupan orang lain. Semoga beruntung!!! (***)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here