IndieMusicComm.com – Mencari inspirasi adalah langkah awal yang sering membuat penulis lagu tersandung. Tanpa inspirasi, Anda merasa kesulitan mulai membuat nada-nada dan lirik lagu. Akhirnya, Anda menunda-nunda dan menunggu inspirasi itu datang kepada Anda.

Inilah gejalanya: saya amati beberapa pembuat lagu punya obsesi menjadi “jenius”. Mereka ingin bisa bersantai santai lalu mendapat kilat inspirasi yang kemudian menjadi suatu karya seni yang dipuja orang-orang.

Masalahnya, kejadian seperti itu sangat langka. Memang ada kisah dimana si artis “tertiban” inspirasi lalu membuat karya yang sukses dan tenar – tetapi ini adalah “penyimpangan”.

Skenario umumnya adalah sang artis harus bekerja “banting tulang” untuk menghasilkan karya yang memuaskan. Begitu juga dengan pembuat lagu: Anda harus memproduksi inspirasi Anda sendiri.

Kalau Anda menunggu, hanya sedikit sekali lagu yang Anda buat – sementara salah satu kebiasaan seorang pembuat lagu hits adalah terus menulis lagu.

Lalu apa yang bisa Anda lakukan untuk mencari inspirasi?

Apa itu teknik mimpi sadar?

Ada beberapa teknik yang bisa Anda gunakan untuk memproduksi inspirasi Anda sendiri. Yang ingin saya bahas saat ini adalah kunci inspirasi yang terletak di alam bawah sadar Anda.

Kemampuan berbicara dengan alam bawah sadar adalah skill yang bisa dikembangkan. Memang butuh waktu dan latihan, tetapi semakin Anda bisa “mendengar” alam bawah sadar, semakin Anda akan menemukan lautan inspirasi yang luas.

Sebuah teknik yang suka saya lakukan untuk berbicara seperti ini adalah dengan mimpi sadar.

Mungkin Anda pernah mengalaminya juga. Mimpi sadar adalah keadaan dimana Anda sedang mimpi lalu Anda tersadar sedang bermimpi.

Umumnya banyak orang yang pernah mengalaminya secara tidak sengaja, tapi ada juga orang yang belum pernah mengalaminya. Kalau pernah mengalaminya sekali, berarti Anda bisa mengulangnya.

Kelebihan menggunakan teknik mimpi sadar adalah Anda terbebas dari “penjara” kreativitas Anda.

Biasanya, seorang pembuat lagu akan terjebak dan membuat lagu yang terdengar mirip dengan lagu lain yang pernah ia buat (atau mirip lagu artis lain). Apakah ini sering terjadi pada Anda?

Dengan teknik mimpi sadar, otak Anda akan bebas menjelajah.

Dalam mimpi, otak Anda tidak terbebani pikiran dan kemelut sehari-hari, sehingga otak bisa lebih kreatif berekspresi. Otak Anda juga lebih terbebas dari influens musik yang Anda dengarkan. Dari kedua cara kerja inilah, maka Anda bisa menghasilkan sesuatu yang baru dari mimpi sadar.

Tapi muncul masalah baru: bagaimana cara Anda mengendalikan mimpi Anda?

2 teknik melatih mimpi sadar

Berdasarkan pengalaman saya, semakin sering Anda bisa mimpi sadar, maka semakin sering frekuensi mimpi sadar itu terjadi kepada Anda.

Saya lumayan sering mengalami mimpi dimana saya membuat lagu dan tersadar itu adalah mimpi. Terkadang saya berhasil bangun dan masih mengingat nadanya; terkadang juga saya gagal.

Tapi yang penting Anda mencoba, ya kan?

Berikut adalah 2 teknik melatih mimpi sadar yang suka saya latih:

1. Menulis jurnal mimpi

Jurnal mimpi adalah menulis mimpi yang Anda ingat. Awalnya, Anda hanya ingat beberapa mimpi – tetapi semakin banyak mimpi yang dicatat, semakin sering Anda akan tersadar dalam bermimpi.

Kelebihan lain dari menulis jurnal mimpi adalah Anda akan menemui banyak karakter, lokasi, dan adegan yang aneh. Dari sini saja, Anda sudah bisa membuat lagu yang “beda” dari lagu Anda lain.

2. Memeriksa realitas

Semakin sering Anda “memeriksa realitas”, semakin Anda bisa tersadar apakah yang Anda alami ini nyata atau tidak. Memang kedengarannya aneh, tapi cara ini sangat efektif.

Teknik memeriksa realitas yang sering saya lakukan adalah ketika naik elevator. Di alam nyata, angka angka selalu tetap sama tapi dalam mimpi angka angka itu akan selalu berubah. Kalau angkanya berubah, berarti Anda sedang bermimpi!

Saya pernah bermimpi, lalu menyadari lingkungan saya terus berubah – dan saya tersadar “Wah, ini lagi mimpi!”. Saat itu terjadi, tiba-tiba ruangan dalam mimpi saya menjadi luas dan terbuka dan saya bisa melompat keluar dan terbang (true story).

Langkah berikutnya

Apakah Anda bisa melihatnya?

Dengan skill mimpi sadar, Anda bisa “memproduksi” inspirasi sendiri. Anda tidak lagi perlu menunggu dan “disandera” oleh “mood” inspirasi – Anda bisa membuat lagu dimana saja dan kapan saja!

Sekarang pekerjaan rumah untuk Anda adalah mencoba 2 teknik di atas untuk mengalami mimpi sadar.

Apakah Anda bisa membuat lagu dari musik yang terdengar dalam mimpi? Apa cara mencari inspirasi lain yang sering Anda lakukan? Silakan di coba praktekkan di rumah.

Tetap Smart Hits! GUYS…..

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here