IndieMusic.Com – kota Semarang juga punya band-band potensial yang nggak kalah sama band-band indie di kota lain. Skema di Semarang nggak kalah rame, sob.

memang jika dibanding Bandung, Jakarta, dan Yogya, kiprah band indie Semarang sepertinya memang kurang ramai terdengar di kancah musik Indonesia. Meskipun beberapa band kini sudah nggak aktif lagi, namun karya-karya mereka akan tetap abadi di telinga para pendengar setia mereka.

ini info Buat kalian yang belum pernah dengerin musik dari band-band indie di Semarang, berikut kami akan kenalin lewat lagu-lagu asik dari 5 band yang udah malang melintang di panggung musik Semarang, beserta profil singkatnya.

1. Goldthief – I See The Rain

Band pop-folk yang terbentuk pada tahun 2010 ini sempat vakum karena kepergian sang vokalis, Krido, yang meninggal pada tahun 2013. Mereka kembali ke panggung pada 2014 dan sempat merilis mini album berjudul “To Get The Answer” tahun 2016 lalu. Gold Thief kini diisi oleh Hafidz (vokal/gitar), Audindra (gitar), Reno (bass) dan Mei (drum). Simak salah satu single andalan mereka berjudul “I See The Rain”.

2. Wiwiek N Friends – Menunggu Minggu

Pada Tahun 2003 jadi awal dari perjalanan bermusik enam sekawan yang sudah berteman sejak SMA ini. Radika (vokal), Resky (gitar), Vega (bass), Adit (gitar), Koko (keyboard), Bahtiar (drum), sepakat untuk ngeband bareng setelah menemukan kesamaan visi bermusik dan terbentuklah Wiwiek N Friends. Mereka sempat merilis satu album berjudul “Minggu” yang menghadirkan lagu-lagu pop dengan konsep musik yang berwarna warni. Simak salah satu lagunya yang berjudul “Menunggu Minggu”.

3. Lipstik Lipsing – Suburban Love

band bernama Lipstik Lipsing adalah band Semarang yang terbentuk pada tahun 2010 dan mengusung genre indie-pop. Band yang udah nggak aktif ini sempat mengeluarkan EP berjudul “Room for Outside”. Lagu “Suburban Love” yang ada dalam EP tersebut pernah masuk sebagai salah satu Best New Comer di Indonesia Cutting Edge Music Awards tahun 2010. Dengerin juga versi akustiknya yang nggak kalah enak.

4. OK Karaoke – Casteless Man

Band OK Karaoke dibentuk di Semarang pada tahun 2005 oleh Baskoro (Suck Eat Fruit) dan Garna yang juga merupakan pentolan band hardcore AK47 untuk menyalurkan kesukaan mereka pada musik indie-pop. Di tahun 2007 mereka merilis EP berisi 6 lagu yang diberi judul “Sail off the Storm”. Setelah ditinggal Galih pada 2009, Ditto masuk sebagai vokalis yang memberi karakter baru pada musik OK Karaoke. “Casteless Man” adalah salah satu lagu yang direkam saat Ditto mengisi vokal, coba dengerin.

5. Aljabar – Flattery

Aljabar dibentuk pada 2010 oleh sosok-sosok yang sudah melalang buana di skena musik Semarang. Band yang mengusung genre Soul/Jazz/Hiphop ini beranggotakan Mirza pada bass, MG pada gitar dan vokal, serta Koko pada keyboard. Koko sendiri juga bermain pada Wiwiek And Friends dan Jabalrootz. Dengarkan salah satu lagu dari EP “Holiday” yang mereka rilis pada 2014 lalu berjudul “Flattery”. (***)

Baca juga artikel berikut :

Raffie cakradara, kolaborasi talenta 3 kota bikin video clip cover keren lagu Daerah dan lagu nasional sebagai Kado HUT RI ke 75

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here