Indiemusic.com – Image menjadi anak band masih dipandang keren sampai saat ini. Apalagi untuk para remaja yang begitu piawai memainkan alat musik di atas panggung, pasti mereka memiliki banyak fans.

Tak sedikit pula para remaja yang menyalurkan kreativitasnya dalam bermusik dengan membuat band. Kebanyakan perjuangan sebuah band pada awalnya adalah melalui jalur indie. Hal ini karena kemajuan teknologi rekaman jaman sekarang yang membuat para musisi semakin yakin berjalan sendiri tanpa bantuan label.

Tapi untuk kalian para musisi yang baru memulai dan bergerak di jalur indie, tahu nggak cara agar band kamu semakin dikenal banyak orang? “Membuat band nggak hanya bermusik saja, tetapi seperti buat perusahaan. Harus jelas konsepnya dan target yang disasar supaya bisa berkembang,” Kata Frendy Leader Group Band Zenobie asal babat Lamongan itu. kami juga banyak mendapat arahan dari Bang Frey Indie salah Pembina di komunitas Indie Lamongan.

Berikut adalah beberapa langkah yang mungkin bisa membantu kesuksesan band kamu.

1. Buat Karya Sesuai Keinginan Kalian

Tentunya jika ingin dikenal banyak orang, kamu harus membuat karya musik. Karena eksistensi sebuah band atau musisi indie bisa langsung diketahui lewat karya yang mereka buat.

Cobalah untuk membuat lagu dengan gaya bermusikmu sendiri gengs. Hal ini nantinya juga bisa digunakan untuk menentukan terget pasar yang kamu sasar untuk mempromosikan band kamu. Setelah membuat karya atau lagu, kamu bisa mengunggahnya di berbagai platform musik.

“Pastinya seorang seniman, apapun sih bukan hanya musisi. Mereka harus punya karya untuk bisa dikenal. Karena karya itu merupakan suatu identitas dari para seniman itu, Kalau pelukis ya buat lukisan, kalau musisi ya buat lagu.

2. Sebarkan Press Release ke Media Musik Online

Manfaatkan media musik online yang banyak menjamur belakangan ini gengs. Ini adalah langkah selanjutnya setelah kamu membuat karya.

Kenalin band dan karyamu ke para media musik online yang kamu tau dengan mengirimkan press release melaui email yang tertera di bio mereka. Biasanya para media musik online ini akan mengulas karya kamu dengan opini mereka.

“Kita sudah dimudahkan dengan teknologi online yang berkembang pesat sekarang. Sebagai band indie harus bisa memanfaatkan kesempatan ini. Karena kalau bukan kalian sendiri yang bergerak siapa lagi yang mau berjuang untuk karyamu,”

3. Promosi Melalui Radio Kampus dan Buat channel Youtube band indie mu

Nggak usah muluk-muluk dulu, karena kamu masih merupakan band indie mungkin kecil kesempatannya bisa diundang ke radio komersil. Dua tahun belakangan ini, adalah waktu dimana para mahasiswa lagi semangat-semangatnya nih bikin radio kampus atau radio online.

Media ini juga bisa kalian manfaatkan untuk melebarkan sayap bandmu di pasar mahasiwa kampus. Mereka yang mendengarkan radio kampus juga bisa mengetahui bagaimana kepribadian setiap personel band kamu dan juga mendengar lagumu lewat kesempatan live akustik.

“Adanya radio kampus , radio Online dan youtube channel yang sudah menjamur di era saat ini sangat membantu band-band indie untuk secara tidak langsung bertemu target pasarnya. Pun para radio kampus, radio online sekarang juga nggak kalah bagus dengan radio komersil kok, dan visual sekarang juga menjadi acuan buat channel youtube band mu dan buat video clip sederhana dengan gadget mu sendiri sudah bisa” ucapnya.

4. Rajin Manggung di Cafe atau event Lokal

Nah, kalau kamu dan band sudah memiliki karya dan mempromosikannya. Kali ini giliran kalian terjun langsung untuk bermain di panggung-panggung kecil yang dibuat oleh komunitas musik daerah kamu gengs, main cafe ataupun event lokal.

Intinya jangan bersifat eksklusif, kalian juga harus membangun relasi dan koneksi lewat tingkatan daerah. Selain menunjukan skill dan sound band kamu ketika tampil live, cara ini juga bisa meningkatkan promosi dari mulut ke mulut.

“Event musik regional itu bisa juga menjadi wadah para local heroes untuk unjuk kebolehan. Kita sebagai band indie juga senang bisa bertemu wajah-wajah pendengar yang mungkin nantinya bisa menjadi penyuka karya kita,”.

5. Konsisten dan Loyalitas

Setelah mengikuti langkah-langkah di atas, ini merupakan hal yang paling penting dalam sebuah band. Pada fase awal band indie kamu, dibutuhkan semangat yang konsisten untuk terus berkarya.

Selain itu loyalitas antar personel juga harus dijaga mengingat sebuah band bisa semakin dikenal jika setiap individu di dalamnya memiliki chemistry yang baik, dalam bermusik maupun pergaulan. ” klo bisa ikut gabung di sebuah komunitas musik seperti yang ada di lamongan misal nya Indie Music Community, sebagai wadah sharing tentang semua hal dunia musik indie, jembatan event dan channel baik dalam kota atau luar kota. karena waktu sudah membuktikan komunitas indie sudah ada sejak 2005 di lamongan dan terus bertahan eksis di terpa waktu yang silih berganti,” terang Frendy.

“kita juga akan mengeluarkan single indie kedua kami, ini sudah proses take recording nya dengan vokal cindy, lagunya pasti lebih keren dan indie banget, judul nya Aku ingin. mohon doa dan suppornya dan jangan lupa cek lagunya di channel youtube kami”, imbuhnya.

Semoga langkah-langkah ini bisa membantu  perjuangan band indie kamu ya gengs! (*)

#zenobie #zenobieceritacinta Title : CERITA CINTA Artist : ZENOBIE BAND Songwriter&arranger :Frendy_zenobie & iNoS Mixing & Mastering : Ayip Awsp & Ndruw Neverend Audioproperty : Khoentet Poland Cameraman : AYIP AWSP & Andi Garong Editor : AYIP AWSP Supervisor Editing: Frendy Zenobie Support : Indie music Community,Muhlibat. Spot: Kendal Barage,Rumah kopi,G.E.P Caffe, Serabi rasta, Ghoe Barber shop,Twin caffe, Muhlibat Babat. property: Muhlibat Jangan lupa subcribe, like & share 🙏🏻.

1 KOMENTAR

  1. Hello, Salam Musik Indonesia…..
    .
    New Release :
    .
    REGI WEKING – Hello My Darling
    .
    Song : Hello, My Darling
    Artist : REGI WEKING (Ex-Vocalist Of A Heavy Metal Band “GARUDA FORCE” )
    Songwriter : REGI WEKING
    Genre : Rock / Alternative Rock / Dance Rock
    .
    Tersedia di / Available on digital platforms :

    https://t.co/sa03W2HwkB (YouTube)
    https://t.co/xBXWxtpjXm
    (Spotify)
    https://t.co/RFip9r0nZY (Soundcloud)
    https://t.co/RSg0jRgzmG (Bandcamp)

    Juga ada info dari RIVER RADIO (Radio di Scotland-UK) bahwa lagu ini mendapat sambutan dan cukup populer di Radio tsb, please check their write up on the following link :

    https://riverradio.uk/hello-my-darling
    .
    Terimakasih , Matur Suwun 🙏

    #RegiWeking
    #HelloMyDarling
    #NewRelease
    #LaguBaru

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here