Indiemusic.comm – Perpisahan selalu menjadi momok buat sebuah hubungan, terkhusus hubungan percintaan. Setiap orang menjalani relationship pasti bercita-cita ingin sampai goalnya dalam hal ini goal yang dimaksud adalah pernikahan. Menurut MR RENO sebagai penulis lagu, pernikahan adalah salah satu cita-citanya. Berlatarbelakang sebagai penganut agama samawi pernikahan merupakan sesuatu yang dianjurkan guna melanjutkan keturunan yang nantinya akan mewarisi agama yang dianutnya.

Proses menuju pernikahanpun dimulai melalui tahap pacaran. Bermodalkan nekat MR RENO memberanikan diri untuk berpacaran dengan seorang MAHASISWI disalah satu PERGURUAN TINGGI dikota Bandar Lampung sebut saja dia INDAH, dengan keadaan MR RENO masih menjadi PENGAMEN jalanan dikota yang sama pula. Banyak sekali tantangan dan tentangan yang didapat karena perbedaan latar belakang tersebut. Tentangan tersebut berasal dari teman-teman kuliah Indah dan orang tua Indah.

Pada awalnya MR RENO mencoba buat cuek dengan tantangan dan tentangan tersebut, tapi lama-lama kuping MR RENO pun panas dengan hal itu. Status INDAH sebagai MAHASISWI itupun membuat MR RENO terpacu untuk memantaskan diri agar bisa diterima oleh keluarga INDAH, sampai mengahalkan segala cara untuk memantaskan diri. Bermodal uang tabungan dari mengamen, MR RENO nekat menebus sebuah ijasah tak terdaftar disalah satu PERGURUAN TINGGI TAK TERDAFTAR dikota Jakarta. Singkat cerita, INDAH wisuda MR RENO pun sama.

Sebelum lanjut, kita rewind lagi proses perjuangan si INDAH dan MR RENO sebelum wisuda. Pakai alur maju mundur yaaa. Biar tampak seperti film. Selayaknya relationship selalu saja ada masalah yang mengancam berlangsungnya hubungan, yaaa menurut MR RENO itu bukan masalah besar. Seperti melantangkan suara ketika MR RENO marah, dan INDAHpun melakukan hal yang sama kok. Yang menjadi perbedaan, MR RENO laki-laki INDAH perempuan. Laki-laki selalu cepat lupa dengan masalah yang pernah ada, sedangkan perempuan sulit melupakan masalah yang sudah lewat. Bahkan sampai kami sama-sama wisudapun masih berlangsung akumulasi masalah dan dalam internal kami berdua.

Dibulan ke 6 MR RENO dan INDAH memegang ijasah masing-masing, saat itu usia pacaran kami 1tahun lewat. MR RENO mendapatkan PEKERJAAN lebih dulu sebagai GURU KESENIAN di salah satu sekolah menengah akhir dikota Bandar Lampung bermodal ijasah apalah itu namanya. Sedangkan INDAH masih belum mendapatkan PEKERJAAN yang sesuai ijasahnya. Kegelisahan INDAH yang tak kunjung mendapatkan PEKERJAAN ditambah AKUMULASI KONFLIK yang kami alami. Ditahun KE-3 hubungan pacaran tersebut kami mulai merasakan adanya jarak dihubungan kami. MR RENO masih mencita-citakan indah sebagai istrinya, tetapi TIDAK LAGI dengan INDAH yang mencita-citakan MR RENO menjadi suaminya. INDAH sudah tidak punya keinginan bersuamikan MR RENO karena rasa sakit AKUMULASI KONFLIK tersebut.

Lewat tahun ke3, INDAH seringkali minta pisah dengan MR RENO. Padahal konflik tersebut adalah konflik biasa yang kami lewati. Tetapi karena INDAH masih menjadi cita-cita MR RENO, MR RENO sering meminta maaf dan memohon kepada INDAH agar tidak meninggalkan dia. Dengan kemurahan hati, INDAH selalu memaafkan MR RENO. BUDAK CINTA mungkin itu sebutan yang pantas buat MR RENO saat itu.

TAHUN KE 4, mungkin jadi tahun terburuk buat hubungan kami. INDAH hendak mengikuti TES SELEKSI CALON PEGAWAI NEGERI SIPIL yang biasa di singkat TES CPNS. Berbagai tahap demi tahap dilewati oleh INDAH dengan tidak mudah. Permasalahan dalam hubungan kami kerap menjadi momok buat INDAH disamping kesibukannya melewati tahap demi tahap proses seleksi tersebut. Tepat tanggal 12-12-2018 setelah sekian lama penantian INDAH buat menjadi PEGAWAI NEGERI SIPIL tercapai. Alhamdulillah, puji Tuhan akhirnya penantian panjang INDAH tercapai.

Malam tanggal 12-12-2018, MR RENO mengunjungi rumah INDAH dengan niatan ingin mengajak keluar dan ingin merayakan keberhasilan INDAH yang bertepatan pada malam itu MR RENO sedang ada panggung juga malam itu. MR RENO berpikir sekalian refresh sekalian manggung, ide itupun menjadi boomerang bagi hubungan kami. Karena ketidakcocokan masalah waktu, berbuah KONFLIK yang lumayan hebat malam itu. Setelah perdebatan yang menyita waktu, dan jadwal manggung yang kian dekat akhirnya MR RENO memutuskan meninggalkan INDAH menuju lokasi manggung. Setelah sampai dilokasi manggung masuk chat yang berisi KATA PUTUS dari INDAH. Alhasil malam itu jadi malam dan panggung TERBURUK buat MR RENO.

BERTAHAN TANPA SALING MENJAGA , BUKAN KEPUTUSAN YANG TEPAT.

BERTAHAN TAPI SALING MENYAKITI, TAKKAN PERNAH BAIK DIJALANI.

LEPASKAN SAJA, IKHLASKAN SAJA. MASIH BANYAK RUANG YANG BELUM KAU SINGGAHI.

LEPASKAN SAJA, IKHLASKAN SAJA. BANYAK HAL YANG INDAH DIHARI NANTI.

Hanya bait itu yang terngiang-ngiang dipikiran MR RENO malam itu. Untuk kali ini MR RENO tidak akan menahan INDAH untuk pergi. Dengan status yang sudah menjadi PNS bakal lebih banyak masalah yang lebih berat kedepannya. MR RENO YAKIN STANDART CALON MENANTU KELUARGA MEREKA BAKAL NAIK LEVEL DENGAN STATUS INDAH SUDAH MENJADI PNS. Mungkin ini moment tepat buat menyerah menjadi BUDAK CINTA. Perpisahan mungkin menjadi pelajaran berharga bagi kami berdua dalam membina RELATIONSHIP dimasadepan NANTI…

So??!!!,, LEPASKAN IKHLASKAN SAJA menurut MR RENO.

YouTube :

https://youtu.be/gzgQC1lHR9w

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here